Mimika Nihil ODP dan PDP COVID-19

“Jadi berita yang tersebar di masyarakat ini tidak benar alias hoax”

Foto: Echie/TimeX
JUMPA PERS – Reynold Ubra, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 memberikan keterangan pers mengenai perkembangan virus corona di Posko Pusat Pengendalian COVID-19, Jalan Cenderawasih SP 2 samping Gudang Farmasi, Senin (23/3).

TIMIKA,TimeX
Hingga hari kelima, Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19, di Kabupaten Mimika masih nihil atau belum ditemukan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona. Hal ini berdasarkan laporan dari satuan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) 24 jam yang berasal dari 12 faskes, sembilan Puskesmas, satu rumah sakit dan satu klinik.
Demikian disampaikan Reynold Ubra, juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 di Posko Pusat Pengendalian COVID-19, Senin (23/3).
Ia mengatakan dari hasil pemeriksaan pasien dinyatakan meninggal dengan COVID-19 di RSUD, telah terkonfirmasi bahwa almarhum memiliki riwayat sakit, yakni lekositnya rendah dan berdasarkan hasil pemeriksaan dokter spesialis paru hubungannya jauh sekali dengan penyakit pernapasan yang disebabkan oleh corona.
“Jadi berita yang tersebar di masyarakat ini tidak benar alias hoax,” bantahnya.
Terkait pasien ini yang meninggal sebelumnya mengunjungi daerah terjangkit, Reynold akan melakukan investigasi lanjutan, tetapi jika hasil medis menyatakan bukan terpapar COVID-19 untuk apa tim melakukan penyelidikan epidemilogis.
Ia berharap masyarakat tidak mudah percaya dan menyebarkan informasi yang belum pasti kebenarannya, karena bisa jadi keluarga korban bisa didiskriminasi dan terjadi hal-hal lainnya. (a32)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.