Jurnalis Diminta Jaga Keselamatan Saat Liput COVID-19

“Tidak ada berita seharga nyawa. Apapun alasannya, keselamatan jauh lebih penting dari sebuah berita. Tidak ada gunanya berita bagus, kalau kita tak selamat”

Foto: Dok./TimeX
Tanzil Azhari

TIMIKA, TimeX
Tanzil Azhari, Anggota DPRD Mimika mengingatkan para jurnalis di Kabupaten Mimika supaya saat peliputan seputar isu virus corona atau COVID-19 terlebih dahulu memperhatikan protokol keselamatan. Profesi jurnalis cukup rentan tertular COVID-19 sebab setiap saat berhubungan dengan narasumber.
“Dalam proses pencarian berita, jurnalis berinteraksi dengan hampir seluruh lapisan. Tidak ada yang bisa menjamin, dalam setiap interaksi itu, mereka terbebas dari COVID-19,” kata Tanzil Azhari kepada Timika eXpress, Kamis (26/3).
Hingga saat ini di Kabupaten Mimika sebaran COVID-19 belum terdeteksi. Tapi menurut Tanzil bukan tidak mungkin Mimika ikut terpapar virus corona ini. Bila corona ini sudah terdeteksi masuk ke Mimika, jurnalis mau tidak mau harus turun ke lapangan buat mengabarkan informasi terkini.
Tanzil menilai penerapan bekerja dari rumah atau akrab dengan istilah work from home tidak akan tepat buat jurnalis. Apalagi kebanyakan jurnalis di daerah bukan karyawan tetap.
“Dalam beraktivitas, para jurnalis diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan tetap berpedoman pada protokol keselamatan. Saat wawancara, perhatikan jarak dengan narasumber. Hal ini untuk melindungi jurnalis sekaligus narasumber dari penyebaran corona,” ucapnya.
Politisi Gerindra ini mengingatkan rekan-rekan jurnalis agar selalu membawa hand sanitizer atau sabun ketika beraktivitas.
“Tidak ada berita seharga nyawa. Apapun alasannya, keselamatan jauh lebih penting dari sebuah berita. Tidak ada gunanya berita bagus, kalau kita tak selamat,” ungkapnya.
Ia juga mengharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk juga memikirkan terkait kesehatan para jurnalis terutama sebagai corong informasi dalam situasi saat ini.
Bahkan, ia mendorong wartawan harus memeriksa kesehatannya secara rutin. Untuk itu ia mendesak Pemkab Mimika untuk memfasilitasi pemeriksaan kesehatan wartawan melalui Rapid Test. (ale)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.