Pawai dan Karnaval Akhiri Perayaan HUT RI di Mimika

TIMIKA, TimeX Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71tahun 2016, panitia peringatan di Kabupaten Mimika menutup seluruh rangkaian kegiatan dengan menyelenggarakan lomba pawai dan karnaval. Kedua event yang setiap tahun selalu menyedot perhatian warga masyarakat ini digelar sehari setelah HUT RI ke-71.

Lemasko Juara Kategori Umum

>>Dispenmen Juara Pawai Karnaval Kendaraan

>>Lemasko Juara Kategori Umum

>>SDN 3, SMP Santa Maria dan SMTK Juara Karnaval Long March

TIMIKA, TimeX

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71tahun 2016, panitia peringatan  di Kabupaten Mimika menutup seluruh rangkaian kegiatan dengan menyelenggarakan lomba pawai dan karnaval.

Kedua event yang setiap tahun selalu menyedot perhatian warga masyarakat ini digelar sehari setelah HUT RI ke-71.

Bahkan, dua event ini digelar di dua lokasi berbeda, Kamis (18/8) kemarin.

Khusus peserta pawai dan karnaval kendaraan bermotor secara resmi dibuka dan dilepas Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang di Pelataran Sentra Pemerintahan SP III.

Pawai dan karnaval ini melibatkan 50 peserta dari seluruh SKPD di lingkup Pemda Mimika, termasuk BUMN/BUMD dan Organisasi Kemasyarakatan.

Sedangkan pawai dan karnaval long march yang dipusatkan di Garaha Eme Neme Yauware itu resmi dibuka dan dilepas Asisten IV Setda Mimika Alfred Douw.

Yang terlibat dalam kegiatan ini ada 43 peserta dari berbagai jenjang pendidikan SD, SMP, SMA serta kategori umum.

Kegiatan pawai dan karnaval yang dilombakan ini dikoordinir oleh Bappeda Mimika.

Meski berlangsung aman, tertib dan lancar, semua peserta harus melewati aspek penilaian panitia meliputi ketertiban, kedisiplinan, semangat, keseragaman dan keutuhan regu.

Selain itu, aspek yang dinilai relevansi dengan tema, etika, estetika, semangat dan keutuhan.

Pawai dan karnavala yang diikuti ratusan kendaraan dengan melibatkan ribuan peserta ini mengusung tema,”Bersama Wujudkan Mimika aman, damai dan sejahtera”.

Selain menggunakan kendaraan roda empat, roda dua dan jalan kaki, peserta juga dibolehkan menggunakan pengeras suara atau bunyi-bunyian asalkan tidak membahayakan.

Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang saat melepas peserta pawai dan karnaval di Sentra Pemeirntahan, SP3 mengapresiasi seluruh elemen masyarakat karena telah berpartisipasi.

“Kita harus bersyukur dan terima kasih karena momentum kemerdekaan adalah milik kita bersama. Jadi kita isi kemerdekaan sesuai dengan peran tugas dan tanggungjawab kita masing-masing,” katanya.

Hal senada disampaikan pula Asisten IV Setda Mimika Alfred Douw.

Kepada  pelajar dan peserta kategori umum yang berpartisipasi dalam pawai dan karnaval long march mengatakan, momentum ini bukan ajang persaingan meraih juara, tetapi mau memupuk kebersamaan dalam soliditas semangat kemerdekaan.

“Jadi bukan cari juara, tapi memeriahkan semangat nasionalis

Untuk rute karnaval kendaraan yang dipandu Patwal Satlantas Polres Mimika dari Sentra Pemerintahan SP III melintasi rute Jalan Cendrawasih-Trikora-Ahmad Yani-Leo Mamiri-Yos Sudarso-Hasanudin-Budi Utomo dan finis di Graha Eme Neme Yauware.

Sementara peserta long march melewati Jalan Budi Utomo-Cenderawasih-Yos Sudarso-Pendidikan dan kembali finis di Eme Neme Yauware.

Usai kegiatan, Panitia HUT RI ke-71 Pemda Mimika langsung membacakan pemenang lomba karnaval kendaraan dan long march.

Wakil Ketua Panitia, Muhammad Lausiri saat itu lebih dahulu mengumumkan pemenang lomba karnaval jalan kaki.

Untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) juara satu diraih SD Negeri 3 Mimika. Juara II SD Negeri 2 Mimika dan juara III SD YPPK Nawaripi.

Kategori SMP dimenangkan oleh SMP Santa Maria, ditempat kedua diraih SMP Negeri 8 dan SMP Taruna Dharma menduduki posisi ketiga.

Sedangkan kategori SMA/SMK, keluar sebagai juara 1 Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK).

Juara II dan III diraih SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 6 Mimika.

Sementara karnaval long march kategori umum dimenangkan peserta dari Lemasko.

Posisi kedua diraih Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu (KKBJ)  dan Lembaga Pengembangan Anak Terlantar dan Putus Sekolah (LPATP).

Selain itu, untuk karnaval kategori pawai kendaraan diraih Dinas Pendidikan Menengah (Dispenmen).

Sedangkan Bagian Keuangan dan Asset Daerah (BKAD) serta Poltekes Kemenkes menduduki posisi kedua dan ketiga.

Saat itu pula, kepada pemenang lomba langsung menerima hadiah, dari Asisten I Alfred Douw, Wakil Ketua Panitia Muhammad Lausiri dan Koordinator Karnaval Simon Motte.

Mewakili Pemda Mimika, Alfred Douw dalam sambutan penutupnya mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan HUT RI ke-71 di Mimika berjalan baik partisipasi aktif semua pihak termasuk warga masyarakat.

“Setiap pertandingan dan lomba hanya ada kalah dan menang. Menang adalah prestasi yang harus disyukuri dan dipertahankan. Sementara kekalahan hanyalah kemenangan yang tertunda. Tetap semangat dan jangan putus asa,” paparnya.

Sementara itu Koordinator Karnaval, Simon Motte mengatakan, pihaknya mengapresiasi antusuiasme kalangan SKPD di lingkup Pemda Mimika, BUMN-BUMD, civitas pendidikan dan organisasi kemasyarakat yang ikut terlibat.

Menurutnya, karnaval merupakan bagian integral dan akhir dari semua perlombaan dalam rangka HUT RI ke-71.

“Harapan kami, momentum kemerdekaan terus   menggelorakan semangat persatuan melalui semboyan “Eme Neme Yauware”, bersatu bersaudara membangun Mimika,” tukasnya. (a14)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.