LPMAK Reguler Lakukan Perbaikan kualitas Air Bersih dan Sanitasi (ABS) di Kampung Atuka

TIMIKA,TimeX Guna memberikan akses layanan kesehatan yang optimal bagi warga pesisir pantai, Biro Kesehatan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme Kamoro (LPMAK) melakukan perbaikan serta peningkatan kualitas Air Bersih dan Sanitas (ABS) di Kampung Atuka, Distrik Mimika Tengah. Program reguler ini, kata Kepala Biro Kesehatan LPMAK, Yususf Nugroho adalah dengan merehabilitasi 15 unit sumur milik masyarakat yang dilakukan sejak April lalu.

Yusuf Nugroho.

TIMIKA,TimeX

Guna memberikan akses layanan kesehatan yang optimal bagi warga pesisir pantai, Biro Kesehatan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme Kamoro (LPMAK) melakukan perbaikan serta peningkatan kualitas Air Bersih dan Sanitas (ABS) di Kampung Atuka, Distrik Mimika Tengah.

Program reguler ini, kata Kepala Biro Kesehatan LPMAK, Yususf Nugroho adalah dengan merehabilitasi 15 unit sumur milik masyarakat yang dilakukan sejak April lalu.

“Yang kita rehab itu dinding sumur yang sudah lapuk dan rapuh dengan melibatkan dan memberdayakan warga masyarakat setempat. Kita libatkan masyarakat biar ada rasa memiliki dan tanggungjawab untuk merawatnya,” ungkap Nugroho saat ditemui Timika eXpress di Kantor LPMAK di bilangan Yos Sudarso, Sabtu lalu.

Selain sarana ABS, lanjut Yusuf, pihaknya pun melakukan perbaikan talang air sebanyak 90 unit di rumah-rumah warga yang sudah beratapkan seng.

“Ini supaya warga bisa menampung air hujan untuk kebutuhan sehari-harinya.

Yang sudah ada dibaharui karena talang air yang dipasang sebelumnya sudah berkarat. Yang kita pasang baru ini talang aitnya 8 meter setiap rumah,” jelasnya.

Dengan perbaikan sarana air bersih, diharapkan, kebutuhan warga akan air bersih dalam kehidupannya setiap hari, yakni memasak dan mencuci dan kakus terpenuhi.

“Layani masyarakat sudah tugas dan tanggungjawab kami, sehingga kami lakukan yang terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, walaupun sekecil apapun,” tukasnya. (a9)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.