Polres Musnahkan 116,41 Gram Ganja Kering

TIMIKA,TimeX Satuan Reserse Narkoba Polres Mimika memusnahkan 116,41 gram ganja kering dari hasil penangkapan dua kurir pengguna narkoba jenis ganja, pada Kamis, 1 September lalu di Jalan Cenderawasih dan Perumahan Pemda SP2. Ganja kering ratusan kilo tersebut Selasa (20/9) siang kemairn dilenyapkan di halaman depan Kantor Pelayanan Polres Mimika dengan cara di bakar dihadapan kedua tersangka.

Satuan Reserse Narkoba Polres Mimika memusnahkan 116,41 gram ganja kering dari hasil penangkapan dua kurir pengguna narkoba jenis ganja.

TIMIKA,TimeX

Satuan Reserse Narkoba Polres Mimika memusnahkan 116,41 gram ganja kering dari hasil penangkapan dua kurir pengguna narkoba jenis ganja, pada Kamis, 1 September lalu di Jalan Cenderawasih dan Perumahan Pemda SP2.

Ganja kering ratusan kilo tersebut Selasa (20/9) siang kemairn dilenyapkan di halaman depan Kantor Pelayanan Polres Mimika dengan cara di bakar dihadapan kedua tersangka.

Kedua tersangka yang dihadirkan berinisial  Aleksander B (37) dan A Philip L (40).

Pemusnahan ganja kering yang dipimpin langsung Kabag Ops Kompol I Nyoman Punia bersama Kasat Res Narkoba Polres Mimika, Iptu Harjaka dihadiri pula Jaksa Penuntut Umum Kejari Mimika, Joyce Mariai, SH.

Hadir pula Kuasa Hukum Ruben Hohakay, SH bersama kedua tersangka.

Sebelum pemusnahan terlebih dahulu dilakukan penandatanganan berita acara pemusnahan oleh pihak-pihak terkait.

Kepada Timika eXpress usai pemusnahan, Kabagops Kompol Punia menjelaskan, kedua tersangka kurir pengguna ganja ini ditangkap petugas di Timika.

Penangkapan kedua tersangka di dua lokasi berbeda ini berkat laporan dari masyarakat yang mencurigai tersangka A. Boli pada awalnya, ketika mengambil paket kiriman ganja di jasa cargo JNE di Jalan Cenderawasih, tepatnya samping Kantor Pegadaian.

“Enam paket ganja kering waktu itu dibungkus dalam modul kuliah itu didatangkan dari Anis, rekanya A Philip L dari jayapura,”jelasnya.

Sampai saat ini, pihaknya terus memastikan keberadaan pelaku lainnya yang terlibat jaringan peredaran barang haram di Mimika yang disebut daerah rawan narkoba.

“Karena paket ganja ini dari Jayapura, kami juga sudah koordinasi dengan kepolisian di Jayapura untuk terus kembangkan kasus ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kasat Res Narkoba, Iptu Harjaka menegaskan, kedua tersangka sedang menjalani proses hukum tahap pemberkasan.

“Untuk kepentingan itu, kami juga sudah ajukan perpanjangan penahanan,” tutupnya.

Untuk diketahui,  dari tangan APL dan AB  saat dibekuk, polisi berhasil menyita 6 paket ganja kering,1 unit mobil Avansa warna hitam DS 1391 MA,1buah buku modul perkulihan,1 buah handphone Nokia warna hitam,1 unit Nokia warna hitam.

AB adalah sopir bus di Diskoperidag Mimika. sedangkan  APL adalah PNS yang bekerja di Distrik Jila.

 

Tahanan Narkoba Kabur Terus Diburu

Sementara itu, terkait tahanan narkoba berinisial M yang kabur dari sel tahanan Polres Mimika beberapa bulan lalu, itu tetap jadi ‘PR’ kepolisian Timika untuk terus memburu,” tambah Kabag Ops Kompol I Nyoman Punia.

“Kita masih kejar sampai saat ini. Kita terus atur strategi sampai yang bersangkutan kita bekuk,” tegasnya.

Termasuk sinyalemen oknum polisi yang bertugas saat tahahan narkoba kabur akan kita proses sesuai kode etik aturan kepolisian yang berlaku,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, M dan S kabur dari sel Polres Mimika pada Jumat (24/6) saat puasa.

Keduanya waktu itu meminta izin ke petugas jaga untuk pulang ke rumah dengan alasan sholat dan buka puasa.

Oknum polisi  yang bertugas waktu itu, Bripka MS pun memberi izin, bahkan meminjamkan pula sepeda motornya. Dari kasus itu, S berhasil dibekuk di Agats,Kabupaten Asmat,Jumat (1/7), sedangkan M masih buron.(a21)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *