Sekda Mimika Tetap Ausilius You

TIMIKA,TimeX Polemik dualisme jabatan Sekda Mimika akhirnya dijawab utusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

Ausilius You, S.Pd.MM, MH (kiri) dan Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Otsus Papua dan Papua Barat Direktorat Jendral (Ditjen) Otda Kemendagri, Thomas Umbu Pati .

TIMIKA,TimeX

Polemik dualisme jabatan Sekda Mimika akhirnya dijawab utusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam agenda kunjungannya ke Timika guna menyikapi sejumlah persoalan di daerah ini.

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Otsus Papua dan Papua Barat Direktorat Jendral (Ditjen) Otda Kemendagri, Thomas Umbu Pati menegaskan bahwa Sekda Mimika tetap dijabat oleh Ausilius You, S.Pd.MM, MH sebagaimana keputusan Mendagri mendasari surat pencopotan yang dilayangkan oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng.

Sejak dinonaktifkan dari jabatan Sekda dengan sejumlah alasan terkait masa jabatan, dinilai lambat dalam menetapkan APBD 2016, serta tidak mendukung visi misi bupati dan sejumlah alasan lain, dari penilaian Kemendagri termasuk surat dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dinyatakan semua yang alasan yang disangkakan kepada Ausilius You adalah tidak berdasar.

Bahkan KASN dalam suratnya Nomor B.1257/KASN/7/2016 Tanggal 26 Juli 2016 perihal rekomendasi atas pengaduan yang ditujukan kepada Bupati Mimika meminta klarifikasi terhadap alasan Mimika yang menduga Sekretaris Daerah Mimika telah melakukan pelanggaran disiplin PNS.

Hanya saja, terkait klarifikasi apakah sudah ditindaklanjuti atau belum, hal tersebut belum diketahui.

Dengan pernyataan resmi yang disampaikan Thomas Umbu Pati sebagai perwakilan  dari Kemendagri, kiranya harus disikapi secara arif dan bijaksana.

“Terkait status Sekda, Dirjen Kemendagri sudah keluarkan surat bahwa Sekda Ausilius You, S.Pd.MM. sudah diaktifkan kembali jabatannya. Kalau bupati masih bersekukuh dengan keputusannya, lantas apakah pemerintahan itu dikendalikan berdasarkan prespektif pribadi atau hukum, nanti ini jadi laporan kami ke Mendagri kalau SK dari Kemendagri  terkait status Sekda tidak digubris. Ini jadi catatan kami setelah kembali ke Jakarta,” tegas Thomas Umbu Pati kepada wartawan usai pertemuan dengan para wakil rakyat di Gedung DPRD Mimika, Senin (7/ 11).

Ia pun kembali menegaskan bahwa tembusan dari Mendagri terkait status Sekda Mimika yang dijabat Ausilius You, S.Pd.MM itu sudah jelas.

“Jadi Sekda Ausilius You adalah yang sah, sedangkan Plt Sekda yang dijabat Alfred Douw yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten IV dinyatakan tidak sah. Kami rasa lucu karena mekanisme pergantian Sekda terkesan dipaksakan. Apalagi dari sangkaan terhadap Sekda You, semuanya telah dibuktikan,” jelas Thomas Umbu Pati.

Katanya, pergantian atau pencopotan jabatan Sekda baik di tingkat kabupaten/kota, itu harus sepengetahuan gubernur berdasarkan persetujuan Mendagri.

“Ini kenapa, karena yang lantik Sekda itu adalah gubernur, bukan bupati. Kalau pun bupati menghendaki adanya pergantian Sekda, tentunya harus mengikuti  prosedur, yakni dibentuk panitia seleksi dari provinsi,” jelasnya.

Masih Thomas Umbu Pati, komitmen Kemendagri khusus di Papua dan Papua Barat terkait konsep afirmasi jabatan politik akan diproses melalui sistem lelang jabatan.

“Untuk jabatan Sekda kita pasti selektif karena bukan jabatan politik. Dan juga penentuan Sekda melalui seleksi ketat karena merupakan panglima PNS,”jelasnya.

Pesannya, kalau memang hendak melakukan seleksi Sekda secara profesional, maka sebagai administrator harus memanage figur yang kapabilitas dan berkemampuan dalam menata sistem pemerintahan.

Untuk diketahui, Ausilius You dilantik sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika oleh Gubernur Lukas Enembe, 11 Oktober 2013 di Aula Sasana Krida, Kantor Gubernur Dok II Jayapura, menggantikan pejabat sebelumnya Marthin Edward Giyai (almarhum).(a15)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.