Singapura Waspadai Kematangan Boaz Solossa

MANILA,TimeX Laga hidup mati harus dialami oleh tiga anggota Grup A Piala AFF 2016 yakni Indonesia, Singapura, dan Filipina. Penentuan siapa yang akan lolos

Boaz Solossa

MANILA,TimeX

Laga hidup mati harus dialami oleh tiga anggota Grup A Piala AFF 2016 yakni Indonesia, Singapura, dan Filipina. Penentuan siapa yang akan lolos menemani Thailand akan ditentukan pada pertandingan ketiga tersebut.

Jelang pertandingan terakhir, pelatih Singapura, V Sundramoorthy, mengaku sudah mempelajari gaya permainan Indonesia. Indonesia dan Singapura memang menjadi dua tim terbawah karena mereka sama-sama mengoleksi satu poin dari dua pertandingan.

Sundram menyatakan bahwa timnya akan mewaspadai pergerakan penyerang matang asal Indonesia, Boaz Solossa. Namun, Sundram enggan mengaku bahwa timnya akan memperlakukan Boaz dengan spesial.

“Kami sudah tahu Boaz dan sadar bahwa ia adalah pemain hebat,” ujar Sundram dalam acara jumpa pers sebelum pertandingan, Kamis (24/11).

“Tapi harus dicatat bahwa kami juga melawan pemain hebat di Filipina dan Thailand sebelumnya. Kami harus menemukan cara untuk itu,” tandas pelatih berusia 51 tahun tersebut.

Sementara Pelatih Timnas Indonesia, Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, merasa yakin permainan antara kedua tim yang butuh kemenangan itu akan berlangsung terbuka.

Timnas Singapura dalam dua pertandingan perdana babak grup bermain bertahan habis-habisan. Permainan bertahan tim asuhan Varadaraju Sundramoorthy itu memaksa laga kontra Filipina berakhir imbang tanpa gol dan laga kontra Thailand berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Teerasil Dangda dkk.

Namun, Alfred Riedl merasa sangat yakin Singapura akan memainkan gaya permainan yang berbeda di pertandingan kontra tim asuhannya. Masih berpeluangnya Singapura untuk lolos ke semifinal jika menang atas Indonesia diyakininya akan mengubah cara Singapura bermain.

Pelatih asal Austria itu pun menegaskan Timnas Indonesia siap tampil mengantisipasi permainan Singapura sembari mencari kemenangan yang dibutuhkan untuk ke semifinal. Kebutuhan kedua tim untuk meraih tiga poin pun membuat Alfred Riedl yakin pertandingan akan berjalan terbuka dan sangat menarik.

“Kami harus menang melawan Singapura. Mereka pun dalam kondisi yang sama, harus menang di pertandingan besok. Strategi bertahan Singapura cukup berhasil dalam dua laga sebelumnya. Jika mereka melakukan hal tersebut di laga nanti, maka saya mempersiapkan tim untuk mengantisipasinya. Apa pun bisa terjadi dalam sepak bola. Saya rasa pertandingan akan terbuka dan menarik,” ujar Alfred Riedl dalam keterangan persnya, Kamis (24/11).

Timnas Indonesia dan Singapura dalam kondisi yang sama, hanya mengumpulkan satu poin dari dua laga pertama. Namun, Singapura berada di posisi ketiga karena dalam perhitungan selisih gol masih unggul ketimbang Indonesia. Dalam pertandingan ini, tim yang menang akan berpeluang besar menemani Thailand ke semifinal jika Filipina gagal mengalahkan juara bertahan Piala AFF itu di pertandingan terakhir babak grup.  (kjg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *