Dispenmen Tidak Ijinkan Dirikan Sekolah Baru

TIMIKA, TimeX Dinas Pendidikan Menengah (Dispenmen) Kabupaten Mimika, tidak lagi mengeluarkan surat rekomendasi untuk mendirikan

Kadispenmen Kab. Mimika, Armin Wakerkwa.

TIMIKA, TimeX

Dinas Pendidikan Menengah (Dispenmen) Kabupaten Mimika, tidak lagi mengeluarkan surat rekomendasi untuk mendirikan SMA dan SMK baru di Mimika karena keberadaan sekolah di Mimika sudah mencukupi.

“Saya tidak lagi memberikan rekomendasi pendirian sekolah baru, kota sekecil ini, keberadaan sekolah sudah sangat banyak,” kata Kadispenmen,  Armin Wakerkwa saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Jumat (12/1).

Dia mengatakan, tahun 2017 ini ada 18 permintaan rekomendasi untuk mendirikan sekolah baru di beberapa distrik baik di kota maupun di pedalaman. Keputusan berlaku untuk pendiri sekolah yayasan maupun sekolah negeri.

“Saya menolak untuk memberikannya, tidak ada lagi pendirian sekolah,”tegasnya.

Di Mimika  sebanyak 17 SMA dan 21 SMK, kata Dia, dengan jumlah sebegitu banyak tentunya dapat menampung seluruh anak yang ada di Mimika.

Kata dia, pengelola sekolah agar berusaha mengembangkan sekolah dengan meningkatkan kualitas.

“Untuk apa mendirikan sekolah baru, tapi proses belajar mengajar tidak berjalan dengan baik, yang perlu ditingkatkan  kualitas pendidikan,”katanya.

Dikatakan, kebanyakan mendirikan sekolah baru bukan untuk mengembangkan sumber daya manusianya lagi tetapi  mendirikan sekolah baru untuk bisnis usaha dengan memperoleh dana dari pemerintah daerah maupun pusat.

“Sekolah tujuannya untuk tempat menuntut ilmu, bukan untuk usaha,”pungkasnya. (yan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.