Mengenal Lebih Dekat Sosok Ketua Yayasan Hidayatullah Timika yang Baru

YAYASAN Hidayatullah Timika adalah salah satu unit dakwah Yayasan Hidayatullah yang berorentasi pada pendidikan. Dalam Garis Besar Program Pendidikan Integral Hidayatullah

Ketua Yayasan Hidayatullah Timika periode 2017-2022, Ustadz Al Djufri Muhammad.

Mengenal Lebih Dekat Sosok Ketua Yayasan Hidayatullah Timika yang Baru


Membangun Pendidikan Berbasis Hidayatullah di Tanah Papua

Yayasan Hidayatullah Timika adalah salah satu unit dakwah Yayasan Hidayatullah yang berorentasi pada pendidikan. Dalam Garis Besar Program Pendidikan Integral Hidayatullah, arah pendidikan berakar pada nilai-nilai Islam untuk meningkatkan kecerdasan siswa serta harkat dan martabat  umat Islam. Untuk itu, Ketua Yayasan Hidayatullah Timika periode 2017-2022, Ustadz Al Djufri Muhammad berkomitmen membangun pendidikan berbasis Hidayatulah yang lebih layak di Tanah Papua khususnya Timika.

Djufri Muhammad  adalah sosok yang selalu berperan aktif dalam pembangunan dakwah di Papua di bawah bendera Hidayatullah. Dimulai dari penugasan pertamanya di Nabire pada tahun 1995 lalu ke Manokwari, berlanjut ke Jayapura,Merauke dan sampai ke Timika sekarang ini.

Ditemui di Masjid Agung Babussalam usai mengikuti Kajian Parenting Wali Murid Sekolah Integral Hidayatullah Timika belum lama ini, pria 43 tahun asal Soppeng Sulawesi Selatan tersebut menceritakan pengalamannya berdakwah di Tanah Papua.

Ia bersama beberapa orang sahabatnya ditugaskan oleh pendiri Pondok Pesantren Hidayatullah Pusat, Alm. KH. Abdullah Said untuk melakukan dakwah kepada umat muslim di Papua.

“Sangat penting bagi kami untuk memberikan sentuhan-sentuhan dakwah bagi umat muslim di papua terutama yang transmigran,” ujar dia.

Djufri mengatakan  saat selesai studi di Sekolah Teknik Menengah (STM) Soppeng ia berniat mengabdikan diri membesarkan Hidayatullah untuk kemaslahatan umat, sehingga ia tidak menolak saat ditugaskan untuk berdakwah di Papua.

Meskipun saat itu tantangan yang dihadapi sangat luar biasa, karena kurangnya pendidikan keagamaan dan nilai-nilai Islam yang ditanamkan.

Namun semua tantangan itu dapat dilalui berkat pertolongan Allah dan kerjasa tim yang sangat kompak.

Semangat ayah lima anak untuk berdakwah melalui pendidikan semakin besar dan ketika melihat perubahaan umat Islam dalam penghayatan ilmu agama yang semakin baik membuatnya sangat bahagia.

“Kita dapat melihat orang berjilbab di terminal, di pasar pada waktu itu bahagianya luar biasa,” terang suami Ustdzah Mujahidah Hasan Suraji ini.

Sebagai Ketua Yayasan Integral Hidayatullah Timika yang baru ia menilai bahwa pondasi pendidikan di Hidayatullah Timika sudah berjalan dengan baik. Ia berkomitmen dalam kepemimpinannya ini  mampu menciptakan lembaga yang berbasis pengkaderan yaitu kader-kader yang siap diterjunkan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.

“Dalam Lembaga Hidayatullah ada proses pengabdian, seperti ta’lim, mengisi Khatib Jumat, da’i serta guru-guru ngaji dan lain-lain yang dapat dilakukan oleh kader-kader lulusan SMU. Alhamdulillah hal ini pernah saya lakukan di tempat tugas saya sebelumnya. Walaupun kawan-kawan di Timika sudah mulai dengan baik namun persentasenya akan kita naikkan,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa saat ini Yayasan Hidayatullah juga fokus pada pembinaan Boording school,yaitu sekolah yang berbasis asrama (pesantren) yang menekankan anak pada keahlian spiritual dan juga intelektual.

“Dengan Boording school, dapat mengontrol anak didik kita dalam 24 jam sehingga kedepannya dapat menghasilkan insan-insan yang selalu mengerti akan kebutuhan masyarakat ataupun keluhan masyarkat,” tandas Djufri.(abz)

 

Biodata:

Nama Lengkap        : Ustadz Al Djufri Muhammad

TTL                          : Soppeng, 1 April 1973

Jabatan sekarang   : Ketua Yayasan Hidayatullah Timika

Istri                          : Ustadzah Mujahidah Hasan Suraji

Anak :

  1. Nur Fauziah Al DJufri Muhammad (Kuliah)
  2. Fauzan Al Djufri Muhammad (SMK)
  3. Faisal Al Djufri Muhammad (SMP)
  4. Abdurrahman Al Djufri Muhammad (SD)

5. Nurul Azkiyah Al Djufri Muhammad (PAUD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.