KKBSU Siap Dukung Visi Misi Pemda Mimika

Melalui Rapat Kerja (Raker) dan orientasi dalam merumuskan program kerja lima tahun, Kerukunan Keluarga Besar Sulawesi Utara (KKBSU) Kabupaten Mimika sekaligus menyatakan siap mendukung visi-misi Pemda Mimika.

Mewakili Bupati Mimika menyampaikan sambutan, Kepala Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif yang juga Ketua KKBSU Mimika, Cherly Lumenta saat menyematkan tanda peserta kepada undangan yang hadir.

TIMIKA,TimeX

Melalui Rapat Kerja (Raker) dan orientasi dalam merumuskan program kerja lima tahun,   Kerukunan Keluarga Besar Sulawesi Utara (KKBSU) Kabupaten Mimika sekaligus menyatakan siap mendukung visi-misi Pemda Mimika. Yaitu, mewujudkan Mimika aman, damai dan sejahtera.

Raker yang dilangsungkan di Grand Tembaga Hotel, Sabtu (28/1), diikuti 180 peserta, meliputi perwakilan dari 9 rayon dan 55 wadah kerukunan kecil yang dipayungi KKBSU Mimika.

Dengan mengusung  tema “Torang Samua Basudara” dan sub tema “Meningkatkan Peran KKBSU Untuk Mewujudkan Mimika Aman, Damai Dan Sejahtera”, maka melalui Raker tersebut, panitia menghadirkan pemateri dari Polres Mimika, Kesbangpol dan KKBSU.

Pembukaan diawali dengan tarian adat dari pelajar KKBSU, juga ditandai dengan pengalungan tanda peserta Raker dan orientasi oleh Ketua KKBSU Mimika, Cherly Lumenta.

Kapolres Mimika, AKBP Victor Dean Mackbon sebgaai pemateri awal menyajikan materi tentang peran Polri dan masyarakat dalam menjaga stabilitas keamanan daerah, serta upaya pemberantasan peredaran narkoba, trafficking (perdagangan anak dibawah umur) dan minuman keras (Miras).

Sedangkan pemateri kedua, Kepala Kesbangpol Mimika, Andi Ramli Terus menyajikan materi tentang arah kebijakan pemerintah daerah dalam mengelola dan mempersiapkan dinamika organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Mimika.

Sedangkan dari KKBSU Mimika menjabarkan tentang sejarahh dan peran KKBSU di Mimika, dan juga penjelasan umum pokok-pokok progam kerja dan organisasi KKBSU.

Mewakili Bupati Mimika menyampaikan sambutan, Kepala Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif yang juga Ketua KKBSU Mimika, Cherly Lumenta menjelaskan, KKBSU adalah organisasi kemasyarakatan yang terbentuk berdasarkan Undang-Undang nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan serta peraturan pelaksanaan PP nomor 58 tahun 2016 yang mendefinisikan organisasi kemasyarakatan adalah didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara suka rela berdasarkan kesamaan, apresiasi, kebutuhan dan kepentingan.

Tujuanya berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan negara persatuan Republik Indonesia berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

“Setiap organisasi wajib memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang akan mengatur segala hal-hal teknis yang akan dikerjakan dalam organisasi itu,” jelas Cherly.

Kata Cherly, kehadiran paguyuban maupun organisasi kerukunan termasuk KKBSU merupakan pilar utama dalam menciptakan suasana yang sejuk dan bersih guna mendukung  pembangunan daerah sejalan dengan visi dan misi pimpinan daerah, yaitu mewujudkan Mimika aman, damai dan sejahtera.

“Melalui Raker dan orientasi organisasi serta konsolidasi dengan materi-materi dari pihak-pihak terkait menjadi masukan dalam rangka memperkuat soliditas kerukunan dan kebersamaan untuk tujuan organisasi KKBSU dalam mendukung program pembangunan Pemda setempat,” jelas Cherly yang juga mantan Kadispenda Mimika itu.

Sementara, Wakil Ketua 1 KKBSU Mimika, Fandanita Silimang menambahkan, melalui Raker diharapkan pastisipasi aktif peserta dan warga KKBSU sehingga melahirkan visi misi organisasi sesuai arah dan program pimpinan organisasi,” ungkapnya singkat.

Selanjutnya, Ketua Panitia, Alex menuturkan, bahwa Raker ini digelar untuk menghimpun dan mempersatukan warga KKBSU di Mimika sesuai semboyan warga Sulawesi Utara, manusia hidup untuk memanusiakan manusia dalam lima tahun kepengurusan KKBSU.

Tentunya harus dilandasi dengan semangat kesetiakawanan sosial, membina kerukunan dan kehidupan rohani antar anggota, meningkatkan persaudaraan untuk saling membantu, bekerjasasama dan membantu pemerintah dalam menangani masalah sosial di Mimika.

Dengan pembekalan tentang arah dan tujuan dari pemerintah sebagai pelindung dan pembina organisasi, diharapkan peran KKBSU bersama Pemda Mimika, mampu menciptakan kesejahteraan, kenyamanan dan kemajuan bersama dalam pembangunan,” tutup Alex. (san/aro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *