SD Intergral Hidayatullah Gelar Ujian Praktik Pidato Tiga Bahasa 

  • Bahasa Memegang Peranan Penting Dalam Kehidupan

Ujian Praktik Pidato Tiga Bahasa SD Intergral Hidayatullah.

Timika, TimeX

Pada era sekarang ini bahasa merupakan alat komunikasi yang utama dan memegang peran penting dalam kehidupan kita untuk mencapai suatu tujuan. Hal ini disampaikan Kepala Sekolah SD Intergral Hidayatullah Abdul Syakir, S.Pd.I kepada Timika Express usai Kegiatan Ujian Praktik Pidato Tiga Bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, yang dilaksanakan di Campus Utama Hidayatullah Jl. Poros Mapuru Jaya Km.9, Sabtu (11/3).

Kegiatan yang merupakan kegiatan tahunan tersebut diikuti oleh 96 peserta yang dibagi dalam 2 tempat yaitu di Aula Pertemuan untuk peserta putri dan di Aula Lantai 1 untuk peserta putra.

Ustadz Syakir saat ditemui, menjelaskan bahwa ujian pidato tersebut pada awalnya menggunakan bahasa indonesia karena merupakan pelajaran tambahan pada mata pelajaran praktek bahasa indonesia.

“Pada awalnya kita menggunakan bahasa indonesia saja dalam ujian praktik pidato, namun pada perkembangannya kami mencoba untuk memberikan latihan lebih untuk praktik tiga bahasa,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan ujian praktek ini bukanlah sekedar ujian biasa karena dinilai oleh dewan hakim atau dewan juri yang diambil bukanlah dari guru Integral Hidayatullah, melainkan dari luar yaitu praktisi pendidikan, para pakar yang mempuni dalam berbahasa inggris dan bahasa arab.

Selain sebagai pengambilan nilai praktek, ujian ini diharapkan mampu menumbuhkan mental dan kepercayaan diri anak-anak dan juga melatih anak-anak agar dapat berbicara didepan umum.

“Ujian ini juga disaksikan langsung orang tua yang duduk didepan saat anaknya tampil, hal ini dilakukan untuk memberikan rasa bangga kepada orang tua dan juga anak yang sedang tampil diatas panggung, jelasnya.

Dikatakan juga, bahwa masing-masing anak membawa kebiasaan yang berbeda-beda dalam cara mereka berkomunikasi, ada yang bagus dan adajuga yang tidak. Namun menurutnya hampir seluruh anak-anak yang mengikuti ujian bisa melewati itu semua, dikarenakan melalui proses latihan yang dilakukan setiap pelajaran bahasa indonesia.

Ustad Syakir berharap dari kegiatan ini, kedepan anak-anak didiknya dapat menjadi orator handal atau dai-dai yang unggul yang dapat berguna untuk kemasalahatan umat. (abs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.