Hidayatullah Tuan Rumah Olympiade ISMC 2017

Timika, TimeX SD Integral Hidayatullah menjadi tuan rumah Olympiade Internasional Singapore Maths Competition (ISMC) 2017 yang diselenggarakan oleh Jacky Pontoh

SERIUS-Peserta Olympiade ISMC 2017 serius mengerjakan soal matematika di SD Integral Hidayatullah, Sabtu (1/13). FOTO: ABSIR BUDI HAMZAH

Timika, TimeX

SD Integral Hidayatullah menjadi tuan rumah Olympiade Internasional Singapore Maths Competition (ISMC) 2017 yang diselenggarakan oleh Jacky Pontoh selaku pemilik lesensi event ISMC, Sabtu (11/3).

Kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 42 peserta dari beberapa sekolah yang ada di Timika, diantaranya,  SD Integral Hidayatullah, Kalam Kudus, SD Inpress Koperapoka, SD Smart Kids dan lainnya.

Jacky Pontoh kepada Timika eXpress, menerangkan ISMC adalah salah satu kompetisi matematika internasional yang berbasis di Singapura. Kompetisi tersebut dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik khusunya yang ada di Timika untuk dapat bersaing dengan siswa yang ada di seluruh dunia melalui matematika.

“Kompetisi ini tidak mengirim siswa sampai ke Singapura, namun para peserta akan mendapatkan medali atau penghargaan berupa rangking yang akan dikirimkan langsung ketika hasil tes kita dapat mengalahkan peserta ISMC yang ada diseluruh dunia,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Integral Hidayatullah saat ditemui Timika eXpress mengatakan, sangat senang olympiade ISMC dapat dilaksanakan di sekolah mereka. Dengan diadakannya ISMC di Hidayatullah dapat melatih anak-anak didiknya memiliki rasa kopetitif khususnya di bidang matematika dengan sekolah yang lain ada di Kabupaten Mimika.

“Dengan adanya event-event olympiade yang dilaksankan di Kabupaten Mimika tentunya lebih membuat kami lebih bermotivasi untuk mengadakan pembinaan-pembinaan terhadap anak didik kami,”tambahnya.

Kata dia, dengan ada event-event tersebut kiranya dapat menggugah hati pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk dapat member andil dan juga perhatian terhadap penyelenggaraan kompetisi matematika guna dapat mengaharumkan nama Mimika di kancah nasional maupun Internasional.

Ia menambahkan,  Hidayatullah sendiri tahun depan akan memiliki payung hukum dalam penyelenggaraan olympiade baik sekala nasional dan internasional yang disebut Hidayatullah Mathematics And Science Olympiad (Himso).

“Himso akan hadir di Papua dimana Hidayatullah timika InsyaAllah akan menjadi tuan Rumah,” jelas Syakir. (abs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.