Hj. Djamila Tjapi Pimpin IWSS Mimika

Pengurus Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Cabang Mimika untuk lima tahun ke depan, resmi dipimpin Ny. Hj. Dra.Djamila Tjapi,M.Si.

Ny. Hj. Dra.Djamila Tjapi,M.Si.

TIMIKA, TimeX

Pengurus Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Cabang Mimika untuk lima tahun ke depan, resmi dipimpin Ny. Hj. Dra.Djamila Tjapi,M.Si.

Jalanya roda organisasi periode 2016-2021 berdasarkan hasil keputusan Musyawarah Cabang (Muscab) IWSS Mimika ditandai melalui prosesi pelantikan pengurus IWSS Mimika di Graha Eme Neme Yauware, Sabtu (25/3).

Prosesi pelantikan dengan mengusung tema ‘Dengan Semangat Eme Neme Yauware Kita Kembangkan Potensi dan Peranan Perempuan Disegala Bidang’, Sabtu lalu dipimpin langsung Ketua IWSS Wilayah Provinsi Papua, Dra.Hj.Besse Nuranty Irawadyyang.

Pelantikannya ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) oleh Sekretaris IWSS Provinsi Papua, Santrida.D. Tappang.

Hadir waktu itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Ausilius You, S.Pd, MM, MH mewakili Pemda Mimika.

Hadir pula Wakil Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), Daud Bunga termasuk IWSS Mimika serta beberapa paguyuban dan organisasi wanita lainnya di Timika.

Pelantikan yang berlangsung khidmat dan semarak itu diwarnai dengan pegaleran tarian adat dari ibu-ibu IWSS, meliputi, Toraja, Bugis, Makassar dan Mandar.

Sekda Mimika, Ausilius You dalam sambutannya, mengapresiasi pengurus baru IWSS Mimika, semoga tugas dan amanah yang dipercayakan kepada Ny. Djamila Tjapi bersama pengurusnya dapat dijalankan dengan baik.

“Amanah tugas organisasi yang diemban merupakan hal lumrah dalam tatanan suatu organisasi guna meningkatkan kapasitas dan regenarasi pemimpin masa depan. Karena itu, sebagai wadah organisasi wanita yang berkiprah di tanah Amungsa harus ikut mendukung program pemerintah dalam pembangunan. Termasuk ikut membangun solidaritas sosial budaya, khususnjya bagi kaum hawa Sulawasi Selatan (Sulsel) di Mimika.

Katanya, organisasi IWSS yang lahir pada era otonomi pembangunan kerukunan Sulawesi Selatan, dan secara nasional, di Jakarta terbentuk sejak 6 Oktober 1977, artinya sudah 40 tahun.

“Usia 40 tahun menunjukan organisasi ini sudah mapan, tentunya harus terus dijaga agar tetap solid, khususnya diperantauan. Maka saya ajak kita semua bersama-sama bergandengan tangan membangun Kabupaten Mimika.  Walau kita berbeda suku bukanlah halangan untuk kita bersatu dalam semangat Eme Neme Yauware,” ujar You.

Sementara, Ketua IWSS Provinsi Papua, Dra.Hj. Besse Nuranty Irawady mengungkapkan, pelantikan pengurus baru IWSS Mimika merupakan tindaklanjut dari Musyawarah Wilayah (Muswil) IWSS pada 21 Mei 2016 silam.

“Kita semua punya keyakinan yang sama yakni tugas ini bukan hanya dilakukan oleh ketua dan pengurus tetapi semua warga IWSS dengan bantuan KKSS. Masyarakat Sulawesi Selatan yang memiliki latar belakang, suku, adat istiadat, budaya dan tingkah laku sosial ekonomi, maka bumi Cenderawasih dimana kita berpijak dengan tatanan budaya serta adat istiadat atau kearifan lokal setempat harus kita hormati dan junjung tinggi,” pesan Besse.

Harapnya, organisasi IWSS Mimika dapat menunjang tatanan kehidupan masyarakat di Mimika. Bahkan ia mengajak IWSS mendukung dan memajukan roda perekonomian guna kelangsungan pembangunan di Mimika.

Sedangkan Ketua IWSS Mimika, Dra. Hj.Djamila Tjapi menjelaskan, IWSS dalam usia ke-12 tahun sejak dibentuk 2005 2005 lalu telah memberi kontribusi di berbagai aspek kehidupan masyarakat Mimika.

“IWSS memiliki peran potensial dalam pembangunan. Dengan tiga ranting IWSS di Mimika, yaitu Distrik Mimika Timur, Mimika Baru dan Distrik Wania, ini jadi tolak ukur keikutsertaan dalam pembangunan,” tandasnya.

Terakhir, Wakil Ketua KKSS Mimika, Daud Bunga, menambahkan organisasi IWSS yang meliputi 4 suku besar di Sulsel, yaitu Bugis, Toraja, Makasar dan Mandar, menunjukan warga Sulawesi Selatan bersatu dan bersaudara.

“Saya harap suami harus mendukung istri-istri dari empat suku besar untuk bergabung dalam IWSS tetap berkembang dan profesional dalam eksistensinya,” tutup Daud. (san)

2 Comments

  1. A. Darmawati Syam, S.S

    27 March 2017 at 10:52 AM

    IWSSSsmg sllu solif, berjaya dlm mngemban tugas organisasi di segalah bidang.. aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *