Konsulat Jenderal Filipina Kunjungi Mimika

TIMIKA, TimeX Konsul Jenderal (Konjen) Filipina di Manado, Mr. Oscar G. Orcine, bersama penerjemahnya, Raymondo Wagiu berkunjung ke Timika, Kamis (30/3).

Konsul Jenderal (Konjen) Filipina di Manado, Mr. Oscar G. Orcine berfoto dengan Sekda Mimika Ausilius You dan segenap Pimpinan SKPD.

>> Siap Kerjasama di Berbagai Sektor dengan Pemda Mimika

TIMIKA, TimeX

Konsul Jenderal (Konjen) Filipina di Manado, Mr. Oscar G. Orcine, bersama penerjemahnya, Raymondo Wagiu berkunjung ke Timika, Kamis (30/3).

Agenda kunjungannya tersebut, selain mempersiapkan kerjasama dengan Pemda Mimika di berbagai sektor, juga akan mengunjungi warga Philipina yang bekerja di tambang PT Freeport Indonesia (PTFI).

Sebelum pertemuan, kunjungan Konsulat Jenderal Filipina di Manado, Mr. Oscar G. Orcine disambut langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Ausilius You, S.Pd, MM.MH serta sejumlah pimpinan SKPD di lingkup Pemda Mimika.

Dalam pertemuan bersama Konjen Filipina, Oscar Orcine dengan jajaran Pemda Mimika yang dipimpin langsung Sekda Mimika, Ausilius You di Ruang Rapat Kantor Sentra Pemerintahan Lt.3, Kelurahan Karang Senang SP3, membicarakan terkait kerjasama di segala bidang.

Persiapan kerjasama itu meliputi pembanguan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pengembangan ekonomi, kearifan lokal, kamtibmas dan lainnya.

Pertemuan waktu itu dihadiri pula Asisten II Setda Mimika, Marthen Paiding, M.MT, Asisten III Lopianus Fuakubun, Staf Ahli Adolof Haley, Kepala Dinas Pendidikan Menengah Armin Wakerkwa, Kepala Kantor Perizinan Satu Pintu (KPTSP) Bertha Beanal, SH, Kabag Pemkam Robert Kambu dan Kabag Humas dan Protokoler, Slamet Sutedjo.

Konjen Filipina, Oscar G Orcine melalui penerjemahnya Raymondo Wagiu mengawali sambutannya mengatakan, ini merupakan kunjungan kehormatan serta ajang silaturahmi dan perkenalan setelah menjabat sebagai Konjen Filipina di Manado sejak akhir Mei 2015.

Katanya pula, kunjungannya ke Timika karena merupakan wilayah kerja Konsuler United DC.

“Kunjungan ini penting sekaligus saya ingin dekatkan diri dengan pejabat birokrasi, agar kedepannya bisa ada kerjasama lanjut dengan melihat potensi sumber daya alam sebagai peluang investasi di Papua, khususnya di Timika,”ungkapnya.

Selain itu, kedatangannya pun sebagai kesempatan untuk mengunjungi warga negara Filipina di PTFI yang sedang dalam negosiasi dengan Pemerintah Indonesia.

“Ini jadi kerinduan saya untuk bertemu dan bisa sampaikan perkembangan terbaru di Filipina,” ujar Oscar yang sebelumnya sempat menemui 6 warga Filipina di Jayapura saat lawatannya ke Ibu kota Provinsi Papua itu,” ujarnya.

Ia pun mengapresiasi Pemda Mimika karena telah menerima, memfasilitasi serta menjaga kelangsungan hidup warga Filipina selama bekerja di tambang raksasa milik Amerika Serikat.

Sementara, Sekda You diawal pertemuan lebih dahulu memaparkan profil Kabupaten Mimika yang dimekarkan dari Kabupaten Fak Fak 20 tahun silam.

Kabupaten Mimika yang berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten di pengunungan tengah Papua, diantaranya Kabupaten Dogiay, Deiyai, Ilaga, Asmat di wilayah laut Arafura, kini dihuni 332 ribu jiwa yang tersebar di 18 distrik dan 150 kampung dan kelurahan.

“Timika ini mininya Indonesia dan sejumlah masyarakat dari seluruh penjuru dunia ada disini. Termasuk beberapa warga Filipina,” jelasnya.

You  mengakui, meski sudah 20 berdiri, pengembangan pembangunan disemua sektor belum berjalan maksimal, baik pendidikan, kesehatan sebagai prioritas utama. Infrastruktur pun kata You belum memadahi.

Melalui tawaran dari Konsul Jenderal Filipina terkait persiapan kerjasama disegala bidang diapresiasi Pemda Mimika.

Hanya saja, agenda positif ini akan disampaikan terlebih dahulu ke Bupati dan Wakil Bupati Mimika sehingga persiapan kerjasama yang nantinya disepakati selaras dengan visi misi pimpinan daerah, yaitu mewujudkan Mimika aman, damai dan sejahtera.

Menurut You, dimasa kepemimpinan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, penataan diberbagai aspek pembangunan jadi prioritas.

“Salah satu buktinya nyata, Pemda Mimika pernah mengirim beberapa putra-putri asli Mimika melaksanakan studi di Filipina dan kini sudah menjadi pilot. Kalu memang maish ada anak Mimka yang studi atau pun bekerja di Filipina, kami minta diperhatikan, ” pesannya.

Singkatnya, mantan Karetaker Bupati Mimika 2013 itu mengatakan, tujuan dari kunjngan Konsul Jenderal Filipina akan disampaikan ke pimpinan daerah, dengan harapan ada tindaklanjut pertemuan untuk kerjasama di berbagai bidang ke depannya.(tan)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.