Resmi Tersangka, Demmy Daskunda di Sel

TIMIKA, TimeX Pemilik akun facebook Demmy Daskunda (DD) akhirnya resmi ditetapkan sebagai tersangka dan kini telah mendekam di sel tahanan Polres Mimika.

Demmy Daskunda (DD)

DD Diancam Enam Tahun Penjara

TIMIKA, TimeX

Pemilik akun facebook Demmy Daskunda (DD) akhirnya resmi ditetapkan sebagai tersangka dan kini telah mendekam di sel tahanan Polres Mimika.

Pemilik nama lengkap Demianus Daskunda terpaksa menjalani proses hukum lanjut atas dugaan tindakannya mengunggah foto dan status di akun facebooknya terkait keikutsertaan Pastor Adrianus Warjito, SCJ dalam demo guru honorer menuntut pembayaran insentif tanggal 24 Juli lalu.

Penentapan Demmy Daskunda sebagai tersangka oleh penyidik Polres Mimika karena dinyatakan melanggar UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE, serta pasal 157 ayat 1 KUHP tentang pencemaran nama baik.
“Tersangka dikenakan UU nomor 11 tahun 2008 tentang ITE, pasal 45 ayat (2), Juncto pasal 28 ayat (2) dengan ancaman hukuman enam tahun pidana penjara dan denda sebesar Rp1 miliar,”kata AKBP Vicktor Mackbon saat press conference di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Rabu (30/8).
Orang nomor satu di Jajaran Polres Mimika mengatakan, penetapan Demmy Daskunda sebagai tersangka setelah dilakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, sejumlah barang bukti termasuk link facebook tersangka dan keterangan ahli.

Untuk memperkuat pemeriksaan terhadap Demianus Daskunda sebagai tersangka pelanggar UU ITE, penyidik Polres pun telah mengamankan sejumlah barang bukti, yakni satu unit handphone, satu unit laptop, KTP, email atas nama Demianus Daskunda, akun facebook atas nama Demy Daskunda.
termasuk saksi ahli yang dimintai keterangan berasal dari Jakarta, baik ahli bahasa, ahli ITE, dan ahli pidana.
“Dari semuanya ini penyidik nyatakan memenuhi unsur kemudian yang bersangkutan kita tetapkan menjadi tersangka dan langsung dilakukan penahanan,”terangnya.
Kapolres menjelaskan, awal kasus ini terungkap karena tersangka mengunggah foto dan status di akun facebooknya terkait keikutsertaan Pastor Hardianus Warjito dalam demo guru honorer di depan Kantor Dispendasbud Mimika.
Tidak hanya foto pastor dengan mulut dilakban yang diunggah, dari postingan foto tersebut pun tersangka memberikan keterangan pertanyaan.

Dari keterangan yang dituliskan tersangka kemudian menuai tanggapan dan protes.

Bahkan Orang Muda Katolik (OMK) Katedral Tiga Raja sempat menggelar aksi dan menuntut Demmy Daskunda harus diproses hukum.

Sebab tindakannya di media sosial dituduh telah mencemarkan nama baik atau kebencian terhadap isu SARA.
Unggahan foto dan keterangan yang ditulis di facebook merupakan murni perbuatannya pribadi tersangka.
Keterangan yang ditulis di akun facebook tersebut, karena tersangka sebagai PNS di dinas pendidikan Mimika merasa disudutkan.

Dari empat poin yang dituliskan, adalah poin kedua yang,” apakah hal ini bagian dari tambahan penghasilan bagi seorang Pastor?, kalimat ini kemudian menyulut amarah hingga aksi spontan OMK lantas mendesak penyidik memproses hukum Demmy Daskunda.

Sebagaimana pantauan Timika eXpress di sel tahanan Polres Mimika, Demmy selaku tersangka telah bergabung dengan tahanan lain dari sejumlah kasus yang sedang ditangani penyidik kepolisian setempat. (aro/a28)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.