Gubernur Mandacan Tutup Pesparawi di Kaimana

  • Biak Numfor dan Sorsel Juara Umum
  • Mimika Tuan Rumah Pesparwi ke-XIII

 

KAIMANA, TimeX Perhelatan akbar Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-XII se-Tanah Papua di Kabupaten Kaimana resmi ditutup Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Senin (18/9).

PESPARAWI-Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan (dua kanan) didampingi Bupati Membramo Tengah, Riki Ham Pagawak, Bupati Kaimana, Drs. Matias Mairuma sebelum penyerahan piala bergilir kepada pemenang lomba Pesparawi.

Kaimana, TimeX

Perhelatan akbar Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-XII se-Tanah Papua di Kabupaten Kaimana resmi ditutup Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Senin (18/9).

Prosesi penutupan yang dilangsungkan di Stadion Triton Kaimana diawali ibadah syukur yang dipimpin Pdt. Derek Surbay dan Pdt. Nova Theodora Essuruw, M.Si.

Prosesi penutupan ditandai dengan penekanan tombol sirene secara bersama-sama, oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Bupati Membramo Tengah, Riki Ham Pagawak, Bupati Kaimana, Drs. Matias Mairuma, Ketua Panitia Pelaksana Pesparawi XII Kaimana, Rita Teurupun dan Ketua LPPD Provinsi Papua Barat, Constan Carma.

Juga dilakukan penyerahan piala bergilir kepada juara umum dan pemenang lomba oleh Gubernur Papua Barat,Dominggus Mandacan dan Bupati Membramo Tengah, Riki Ham Pagawak.

Selain dimeriahkan dengan puji-pujian, di penghujung acara ditutup dengan pesta kembang api dan seka bersama sejumlah pejabat instansi horisontal maupun vertical, serta para komandan satuan (Dansat) TNI Polri se Papua dan Papua Barat, serta ribuan peserta Pesparawi dari 39 kabupaten/kota bersama warga Kaimana.

Bersamaan waktu itu panitia mengumumkan juara umum Pesparawi ke-XII untuk Provinsi Papua Barat diraih Kontingen Pesparawi Kabupaten Sorong Selatan.

Sedangkan Provinsi Papua dimenangkan Kabupaten Biak Numfor.

Diumumkan pula kategori kontingen terbaik berdasarkan poling sms untuk Provinsi Papua Barat diraih Kabupaten Kaimana, dan Provinsi Papua dimenangkan Kabupaten Deiyai.

Sedangkan pemenang konduktor terbaik, untuk   Papua diraih Stevi Tamahiwu asal Kabupaten Waropen dan Dedy Agustinus dari Kabupaten Sorong.

Ketua Panitia Pesparawi Rita Teurupun, S.Sos mengawali sambutan menyampaikan sukses dan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan Pesparawi.

“Terima kasih untuk panitia, relawan dan seluruh masyarakat Kaimana maupun seluruh perserta Pesparawi yang sudah bersama menyukseskan pesta yang luar biasa ini. Semoga kebersamaan kita terus terjaga,” pesan Rita.

Hal senada disampaikan pula oleh Bupati Kaimana, Drs. Matias Mairuma.

Orang nomor satu di Kaimana ini mengapresiasi seluruh umat Muslim di Kaimana karena telah berpartisipasi aktif dengan tulus ikhlas mendukung suksesnya Pesparawi ke-XII tahun ini.

“Keharmonisan antar umat muslim dan kristen di Kaimana selama ini berjalan sangat baik, dan ini sangat terasa pada acara Pesparawi. Apalagi sebagian besar panitia dan relawan didominasi umat muslim,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Papua yang diwakili Bupati Membramo Tengah, Riki Ham Pagawak, SH, M.Si dalam sambutannya pun mengapresiasi panitia kegiatan Pesparawi ke XII karena telah bekerja maksimal menyiapkan acara dengan baik sejak pembukaan hingga penutupan.

“Acara ini sangat luar biasa dan berjalan sangat baik. Semuanya boleh berlangsung atas izin Tuhan dan berkat kerja keras panitia. Terima kasih untuk kebersamaan ini,” kata Riki singkat.

Menutup seluruh rangakaian kegiatan Pesparawi, Gubernur Papua Barat, Dominggus Madacan, juga menyampaikan terima kasih kepada panitia dan semua kontingen yang telah berkompetisi menyukseskan kegiatan Pesparawi ke XII.

“Secara khusus saya juga ucapkan selamat kepada Kabupaten Mimika yang akan menjadi tuan rumah pada Pesparawi ke-XIII.

Penentuan Mimika sebagai tuan rumah sudah kita sepakati pada Rapat Koordinasi (rakor) di Kaimana Beach Hotel, kemarin malam. Selamat untuk Mimika semoga perayaan di Mimika nanti bisa berlangsung dengan sukses pula,” tuturnya.

Sedangkan, Sekda Mimika, Ausiliusa You, S.Pd.,MM.,MH kepada Timika eXpress, Minggu (17/9) menyambut baik rencana kegiatan Pesparawi ke-XIII di Kabupaten Mimika.

“Mimika menyiapkan dana awal sebesar Rp15 Miliar untuk menyukseskan kegiatan Pesparawi ke-XIII. Segala persiapan penginapan dan akomodasi lainnya telah tersedia, untuk penentuan jadwal pasti pelaksanananya akan dilakukan Rakornis dalam waktu dekat,” tukasnya. (epy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.