Pertumbuhan Ekonomi Papua Mencapai 4,91 Persen

TIMIKA,TimeX Kepala Tim Ekonomi dan Keuangan BI Indonesia wilayah Provinsi Papua Fauzan menjelaskan pertumbuhan ekonomi Papua triwulan II 2017 mengalami peningkatan mencapai 4,91 %

FOTO BERSAMA – Kepala Tim Ekonomi dan Keuangan BI Indonesia Provinsi Papua Fauzan foto bersama peserta Diseminasi KEKR, Rabu (4/10). Foto: Kristina/TimeX

TIMIKA,TimeX

Kepala Tim Ekonomi dan Keuangan BI Indonesia wilayah Provinsi Papua Fauzan menjelaskan pertumbuhan ekonomi Papua triwulan II 2017 mengalami peningkatan mencapai 4,91 % (yoy) bila dibandingkan triwulan I 2017 sebesar 3,36 % (yoy). Sementara pertumbuhan ekonomi pada triwulan laporan  dipengaruhi oleh kinerja lapangan usaha pertambangan dan penggalian yang tumbuh signifikan dari 0,36 % (yoy) pada triwulan I 2017 menjadi 6,75 % di triwulan ke II. Disisi lain lapangan usaha konstruksi mengalami penurunan dari 9,42 % (yoy) pada triwulan ke I 2017 menjadi 3,84 % (yoy) pada triwulan laporan.

Demikian disampaikan Fauzan kepada wartawan di sela-sela Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR) Provinsi Papua Triwulan II 2017 di Hotel Horizon Ultima Timika, Rabu (4/10).

Fauzan selaku narasumber menjelaskan diadakan Diseminasi KEKR bertujuan untuk lebih menginformasikan terkait perkembangan perekonomian yang ada di Papua dan juga prospek-prospek ekonomi, isu-isu yang perlu diperhatikan oleh pemangku jabatan.

Selain itu untuk lebih dekat dengan para pemangku jabatan supaya bisa memberikan pendapat lebih lanjut.

Hal ini sangat berguna untuk memperkuat rekomendasi dan pemerataan informamsi perkembangan perekonomian Provinsi Papua.

Ia menyadari selama ini kegiatan diseminasi selalu dilaksanakan di Jayapura. Namun untuk triwulan II tahun 2017 lebih diarahkan langsung ke daerah-daerah.

Materi yang dibahas dalam kegiatan tersebut mengenai perekonomian global dan nasional, perkembangan makro ekonomi daerah, inflasi, stabilitas keuangan daerah dan keuangan pemerintah. Kemudian penyelenggaraan sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah dan prospek ekonomi daerah.

Ia mengatakan setiap triwulan, BI Provinsi Papua  mempublikasikan KKER dalam bentuk buku dan website. Publikasi ini untuk memberikan penjelasan kepada pemangku kepentingan dan publik di daerah mengenai perkembangan kondisi terkini, prospek perekonomian serta isu yang berkembang dan perlu dicermati.

Kegiatan ini dihadiri pimpinan perbankan, pegawai Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Dinas Perikanan dan beberapa dinas terkait. (a26)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.