578 Peserta Ikuti Pembukaan HSN

TIMIKA, TimeX Menjelang peringatan Hari Santri Nasional (HSN), Minggu (22/10), berbagai kegiatan sudah mulai digelar sejak pembukaannya, Kamis (19/10) kemarin.

Pembina upacara Pembukaan HSN tahun 2017 Arnold Lolkary mengalungkan tanda peserta di lapangan TK Maarif sp3.

Aneka Lomba Warnai Kemah Santri Nasional

TIMIKA, TimeX

Menjelang peringatan Hari Santri Nasional (HSN), Minggu  (22/10), berbagai kegiatan sudah mulai digelar sejak pembukaannya, Kamis (19/10) kemarin.

Kegiatan perdana kemah santri nasional yang bertempat di TK Al Ma’arif Kampung Karang Senang SP3, secara resmi dibuka oleh Sekretaris Kwarcab Pramuka 2608 Oro Doro Enakoa Mimika, Arnold Lolkary.

Pembukaan kemah santri nasional yang diikuti 578 anggota pramuka yang berasal dari 24 Gugus Depan (Gudep) mulai jenjang pendidikan SD,SMP,SMA-SMK sederajat akan menyemarakan sekaligus mewarnai rangkaian kegiatan selama empat hari ke depan sebelum hari-H tanggal 22 Oktober nanti.

Ratusan pelajar pramuka akan dilibatkan dalam berbagai lomba dan kegiatan, termasuk kegiatan pada tanggal 21 Oktober yang bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram.

Didampingi guru-guru dari 24 Gudep, pelajar dari berbagai jenjang pendidikan akan mengikuti lomba pidato tiga bahasa tingkat SMP dan SMA, lomba Tahfids dan Adzan, serta lomba celoteh anak khusus TK (Taman Kanak).

Dari lomba tersebut, kepadaa para pemenangnya akan memerima hadiah pada  puncak perayaannya nanti.

Demikian diungkapkan Ketua Panitia HSN, Mohammad Basar saat diwawancarai Timika eXpress di lokasi perkemahan, Kamis kemarin.

Pasalnya, maksud dan tujuan dilaksanakanya kegiatan ini untuk memberi pemahaman kepada pelajar tentang semangat resolusi jihat 22 Oktober 1945 merupakan ritus sejarah Hari Pahlawan 10 November yang diperingati setiap tahun.

Sementara Arnold Lolkary dalam sambutanya mengapresiasi

Pemerintah RI karena telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN).

“Kita semua patut bersyukur. Karena melalui kemah santri selama tiga hari, ini juga jadi momen kita bersilahturahmi. Selain dari membentuk karakter sebagai seorang pramuka, kita bisa ambil nilai positif dari para pelatih dan pembina, untuk selanjutnya kita kembangkan  di Gudep masing-masing dan juga keluarga termasuk masyarakat umum lainnya,” pesan Arnold.

Melalui gerakan pramuka sebagai wadah persatuan seluruh anak bangsa dari Sabang sampai Merauke, kita menyatukan perbedaan,”jelasnya.

Untuk itu, peserta kegiatan ini harus meningkatkan ketagwaan kepada Tuhan yang Maha Esa serta pengetahuan, sehingga bisa bersaing dan bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, sebagaimana filosofi tunas kelapa lambang pramuka, yang semua bagiannya bermanfaat.

Ditempat yang sama, Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Ma’arif  yang juga Mustasyah PC NU Mimika, KH Ali Ma’ruf menambahkan, rangkaian kegiatan HSN hendaknya terus dilestarikan  dalam menumbuhkembangkan semangat santri serta perjuangan generasi penerus bangsa.

“Hari Santri identik dengan NU, bukan berarti milik NU saja,” tandasnya.

Pada pembukaan HSN kemarin diikuti pula perwakilan dari TNI-Polri Mimika, Baznas, Pengurus Cabang NU Mimika, Kwarcab Mimika, Koramil Kuala Kencana, Yayasan Masyarakat Muslim (YMM), termasuk petugas Puskesmas Ili Ale.(nur)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.