BPS Sudah Publikasi Informasi Direktori Hotel

TIMIKA,TimeX Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika sudah mempublikasikan informasi direktori hotel yang dapat membantu warga Timika maupun dari luar Timika untuk mendapatkan informasi mengenai hotel yang ada di Timika.

Kantor BPS Mimika

TIMIKA,TimeX

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika sudah mempublikasikan informasi direktori hotel yang dapat membantu warga Timika maupun dari luar Timika untuk mendapatkan informasi mengenai hotel yang ada di Timika.

Hal ini diungkapkan Kepala BPS Mimika, Yunus Wakum, SE saat ditemui Timika eXpress diruang kerjanya, Kamis (2/11).

Menurutnya data direktori hotel yang ada saat ini berdasarkan hasil survei BPS sejak tahun 2016 sampai tahun 2017 dan terkumpul semuanya pada bulan Juli 2017 kemudian dipublikasikan pada tanggal 31 September.

Berdasarkan hasil survei, di Timika terdapat 25 Hotel dengan kategori 1 hotel bintang 4, 2 hotel bintang 3, 1 hotel bintang 2, 20 hotel melati, dan 1 pondok wisata.

“Hotel kategori melati adalah hotel yang masuk dalam kategori biasa, dan dibawah dari hotel berbintang serta harganya relative murah,” ungkap Yunus.

Dari jumlah hotel tersebut, lanjut dia dibagi lagi perkelurahan yaitu 14 hotel berada di wilayah Kelurahan Kwamki, 3 Hotel di Kelurahan Inauga, 7 Hotel di Kelurahan Koperapoka, dan 1 hotel di Kelurahan Timika Jaya.

“Dari 25 hotel tersebut terdapat 860 kamar, 1.158 tempat tidur. Untuk mengetahui masing-masing nama hotel dan fasilitasnya dapat dilihat di hasil publis yang kami buat,” katanya.

Hasil publikasi tersebut dicetak dalam sebuah buku dan juga bisa diakses melalui Website BPS, mimikakab.bps.go.id sehingga bisa memudahkan pengunjung yang ingin menginap di hotel-hotel yang ada di Timika.

“Kami juga berencana mencetak buku lebih banyak lagi supaya bisa dibagikan kepada warga. Rencananya bukut itu kami titip di bandara supaya setiap orang yang datang ke Timika bisa mendapatkannya,” pungkas Yunus. (a26)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.