Pemerintah akan Evakuasi Warga Kimbeli

TIMIKA,TimeX Bupati Mimika Eltinus Omaleng memastikan Pemerintah Kabupaten Mimika akan mengevakuasi warga Kimbeli ke Timika dalam waktu dekat ini.

Eltinus Omaleng

TIMIKA,TimeX

Bupati Mimika Eltinus Omaleng memastikan Pemerintah Kabupaten Mimika akan mengevakuasi warga Kimbeli ke Timika dalam waktu dekat ini. Salah satu langkah yang mulai disiapkan kini sedang melakukan pengembangan pemukiman bagi warga di wilayah Mile 32.

“Yang tinggal di atas itu adalah warga Timika yang sudah punya rumah di SP12, SP9, Kwamki Narama. Mereka naik mendulang lalu bikin kamp yang sekarang semakin banyak,” kata Omaleng kepada Timika eXpress pada belum  lama ini.

Disiapkan pemukiman tersebut kata Omaleng agar saat warga tersebut dipulangkan yang memang belum punya tempat tinggal digunakan sebagai tempat penampungan sementara bagi mereka sudah punya tempat tinggal bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

“Untuk keluarga dari Kimbeli, kita sudah siapkan lokasi tempat tinggal yang sementara masih dalam tahap proses pembukaan lahan baru. Kita sekarang lagi fokus pada pembangunan perumahan, supaya nanti kalau mereka diturunkan bisa tinggal bersama-sama di area Mile 32 ini,” jelas Omaleng.

Sementara untuk keluarga Wakerkwa-Magay dan Tenemum-Magay sedang dalam proses pembangunan yang akan direalisasikan pada tahun depan, karena ia menginginkan agar keluarga yang berada di Kimbeli bisa tinggal bersama dengan saudara-saudara yang lain di Timika.

“Saya akan perhatikan keluarga yang ada di Kimbeli untuk bisa tinggal sama-sama di Timika. Ini akan berjalan secara perlahan-lahan. Sekarang saya utamakan infrastruktur terlebih dahulu, jalan serta perumahan dibangun supaya nanti kalau mereka sudah diturunkan, kita bisa sama-sama tinggal di sini,” ungkapnya.

Omaleng juga telah membangun 25 unit rumah layak huni yang kini sebagian telah ditempati oleh warga asli, dan 15 unit yang lain masih dalam proses pembangunan. “Masih ada sekitar 5000 unit rumah lagi yang akan kita bangun kedepan supaya lokasi ini bisa penuh,” katanya. (zuk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.