300 Personil TNI Siap Perkuat Polri

TIMIKA,TimeX Komandan Kodim (Dandim) 1710 Mimika Letkol Inf Windarto menyiapkan 300 personil TNI untuk diterjunkan memperkuat tugas pengamanan Polri di area tambang PT Freeport

MENIKMATI – Prajurit TNI Garnizun Timika sedang menikmati wisata air dalam kegiatan salah satu Garjas UKP beberapa waktu lalu.

TIMIKA,TimeX

Komandan Kodim (Dandim) 1710 Mimika Letkol Inf Windarto menyiapkan 300 personil TNI untuk diterjunkan memperkuat tugas pengamanan Polri di area tambang PT Freeport Indonesia yang kini dilanda aksi serangkaian penembakan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Sesuai dengan pemberitahuan hasil rapat kemarin dan kita sudah siapkan personil dengan semua perlengkapan,” ujar Windarto saat ditemui wartawan di Rimba Papua Hotel, Sabtu (4/11).

Menghadapi masalah tersebut orang nomor satu di Kodim ini memastikan kehadiran TNI dan Polri akan terus melakukan pendekatan persuasif sifatnya humanis untuk menciptakan kondisi wilayah menjadi normal kembali.

“Kita akan lakukan pendekatan persuasif, karena yang ada di lokasi terisolir itu bukan cuma warga pribumi saja tetapi itu campuran. Kita juga akan lakukan evakuasi warga,” ungkapnya.

Windarto menegaskan adanya gangguan keamanan di wilayah itu dilakukan oleh KKB membuat aktivitas operasi perusahaan maupun masyarakat terganggu.

“Kita belum pastikan sudah ada berapa kelompok kriminal bersenjata di sana. Yang jelas kita tetap lakukan pendekatan secara persuasif. Seandainya dalam pendekatan secara persuasif maupun negoisasi tidak menemukan hasil maka kita akan bantu Polri melakukan suatu tindakan. Tetapi nanti dalam tindakan kita akan usahakan evakuasi masyarakat yang tidak terlibat dalam kelompok tersebut,” pungkasnya. (tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.