LIPI Gelar Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Timika

Timika-TimeX Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar Desiminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Timika.

Dari Kiri: Anggota DPRD Mimika, Paulus Yanengga, kepala Balai Konservasi Tumbhan (BKT) Kebun raya cibodas, Agus Suhatman, Kepala Inspektorat LIPI Dr. Hiskia Sirait, Anggota Komisi VII, Peggi Patrisia Pattipi, salah satu kelompok tani Meller Kogoya, dan Kepala Kampung Tunas Matoa, Bapak Jikwa.

Timika-TimeX

Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Timika.

Kegiatan yang merupakan kerja sama dengan Anggota Komisi VII DPR RI, Hj. Peggi Patrisia Pattipi, mengangkat Thema: Pengenalan Konservasi dan Pengembangan Potensi Daerah.

Diseminasi yang dipusatkan di Gedung Fizalika, Jl. Poros SP V, Selasa (7/11), menghadirkan Pembicara Kepala Inspektorat LIPI, DR. Hizkia Sirait, Agus Suhatman dari Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas.

Dalam sambutannya Kepala Inspektorat Kehadiran LIPI, DR. Hizkia Sirait mengatakan kehadiran LIPI di Indonesia tidak lepas sumber daya alam indonesia yang sangat kaya raya yang belum dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai mestinya untuk pengembangan ilmu pengetahuan maupun peningkatan daya saing bangsa.

“LIPI yang sekarang ini hadir di 11 propinsi diseluruh Indonesia terus mengembangkan dari untuk memajukan Ilmu pengetahuan mulai Ilmu pengetahuan sosial sampai ilmu pengetahuan dan teknologi, jelasnya.

Dikatakanya, kehadiran LIPI di Timika tentunya, ingin memperkenalkan tentang konservasi dan potensi daerah yang ada di timika dengan melihat apa saja yang bisa atau dapat dikembangkan dan menjadi potensi yang dapat diandalkan di Kabupaten Mimika.

Sementara itu,  Anggota Komisi VII DPR RI, Hj. Peggi Patrisia Pattipi mengatakan bahwa dengan hadirnya LIPI ke Kabupaten Mimika selain meningkatkan pengembangan potensi daerahnya, masayarakat juga diajak untuk berintaksi langsung dengan para pemateri mengenai apa saja yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang bersinergi dengan pertanian.

“Harapan saya dengan adanya kerja sama ini para petani kita dapat mengembangkan pengetahuannya khusunya pada bidang pertanian dan perikanan. Selain itu juga saya akan berupaya untuk dapat memberikan pelatihan langsung kepada petani untuk dapat menimba ilmu langsung ke LIPI pusat”,jelasnya.

Dalam desiminasi tersebut juga diberikan juga 600 bibit jambu kristal dan 10 ribu bibit lele kepada kelopok tani yang ada di Kabupaten Mimika yang diterima secara langsung oleh,  Anggota Komisi VII DPR RI Hj. Peggi Patrisia Pattipi akan selanjutnya akan diserahkan kepada kelompok-kelompok tani.

Selain menyerahkan bibit kegiatan dilanjutkan dengan penanman bibit jambu kristal dan dilanjutkan dengan sosialisasi tentang pengenalan konservasi dan pengembangan potensi daerah, persentase bibit jambu kristal dan akhiri dengan diskusi dan tanya jawab.(abs)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *