Gelar Expo Kuliner Diskop dan Ekkraf

TIMIKA,TimeX Dengan menggelar expo kuliner bahan pangan lokal, Dinas Koperasi dan Ekomomi Kreatif (Diskop dan Ekkraf) Kabupaten Mimika mau merangsang UKM kuliner untuk menggarap bahan pangan lokal lebih optimal serta harus memiliki daya saing

EXPO- Sekda Mimika Ausilius You didampingi Kadiskop dan Ekkraf Mimika, Cherly Lumenta foto bersama tim TP-PKK yang ikut meramaikan Expo Kuliner 2017 di M3, kawasan Gelael Timika, Selasa kemarin.

Kuliner Bahan Pangan Lokal Harus Berdaya Saing

TIMIKA,TimeX

Dengan menggelar expo kuliner bahan pangan lokal, Dinas Koperasi dan Ekomomi Kreatif (Diskop dan Ekkraf) Kabupaten Mimika mau merangsang UKM kuliner untuk menggarap bahan pangan lokal lebih optimal serta harus memiliki daya saing.

Sehingga expo kuliner yang diikuti 30 kelompok binaan, mulai dari koperasi, kelompok usaha kuliner dan UKM binaan Diskop dan Ekkraf Mimika, dapat menjadi tolak ukur pengembangan UKM, sekaligus memamerkan kreativitas serta inovasi UKM-IKM, mengingat peluang pasar yang masih terbuka lebar.

Kegiatan pameran yang akan berlangsung hingga, Kamis (9/11), pembukannya Selasa (7/11) kemarin ditandai dengan pemukulan tifa oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Ausilius You.

Pembukaan expo kuliner yang dipusatkan di Komplek Mulia Mini Mall (M3), kawasan Gelael Timika pun dimeriahkan dengan tarian Papua dari pelajar SMA YPPK Tiga Raja.

Usai pembukaan, Sekda You didampingi Kadiskop dan Ekkraf Mimika, Cherly Lumenta bersama  beberapa kepala SKPD, diantaranya Kepala Inspektorat, Yulius Sasarari, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan , Lentjee Sawabesi, meninjau seluruh stand expo kuliner 2017.

Dari hasil pantauan ke 30 stand pameran, Sekda You mengatakan, beraneka ragam makanan maupun minuman tersaji, mulai dari Amungme gold coffee, penganan berbahan dasar sagu, makanan dari umbi-umbian, dan juga penjualan telur lokal serta tumbuhan hidroponik dari kelompok tani Mimika.

Ketua Panitia Expo Kuliner 2017, Rum Kelley menjelaskan, expo kuliner 2017 bertujuan memperkenalkan kuliner lokal dan nusantara.

Dan juga agar pelaku usaha  memiliki daya saing serta kreativ dalam mengembangkan usahanya.

Pasalnya, pada ajang pameran ini pun akan diberikan penghargaan (reward) kepada koperasi berprestasi, yakni memiliki kinerja yang mumpuni.

Untuk pemberian reward dan hadiah hiburan lainnya, Expo Kuliner 2017 yang digelar Diskop dan  Ekkraf disponsori pihak mitra, seperti Bank Papua, Sharon Mart, Inul Vista, Diana, Bank Panin, Koperasi Brigift 20-IJK, LPMAK, Kokarfi, dan Maskapai Sriwijaya Air.

Sementara itu, Kadiskop dan Ekkraf Mimika, Cherly Lumenta berharap kegiatan pameran selama tiga hari ini kiranya bisa berjalan baik dan semakin melecut semangat kreativitas para pelaku usaha kuliner dalam melakukan inovasi kuliner bahan pangan lokal secara lebih baik dan sehat.

Dijelaskan pula, sumber dana untuk menggelar expo kuliner berasal dari APBD Mimika 2017, yakni  DPA Diskop dan Ekkraf dengan nama program kegiatan koordinasi pelaksanaan kebijakan dan program membangun koperasi.

“Yang pasti kami berharap agar pelaksanaan expo ini bisa memotivasi pengusaha kuliner untuk meningkatkan kualitas produknya dan menghasilkan kreativitas kuliner yang bisa berdaya saing dan higienis,” tandasnya.

Sedangkan Sekda You dalam sambutannya, mengatakan tujuan lain dari expo kuliner 2017 merupakan upaya persiapan pelaku usaha kuliner agar lebih kompetitif.

Sekaligus memberi pemahaman mengenai aspek mutu, keamanan, kesehatan, kebersihan serta  kesegaran produk.

Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan kuliner lokal dan kuliner nusantara, dengan maksud agar pelaku usaha di Mimika memiliki integritas dan daya saing sehingga mampu mengembangkan kuliner secara kreatif serta berdaya saing.

“Tugas dan tanggung jawab pelaku usaha di sektor kuliner sangat kompetitif bersaing, sehingga higinenisnya kuliner menjadi faktor utama,” ujarnya.

Mantan Karetaker Bupati Mimika 2013 ini pun berpesan kepada konsumen, agar menjadi konsumen yang cerdas untuk melindungi diri, agar tidak terkecoh dengan pelaku usaha kuliner yang tidak memperhatikan kesehatan makanan.

“Kepada peserta expo kuliner juga, saya harap selalu mengobarkan semangat pantang mundur, semangat belajar, semangat kemandirian, dan solidaritas sesama UKM agar usaha kuliner terus tumbuh dan berkembang, dan juga meningkatkan kesejahteraan,” imbuhnya.  (a26/Zuk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.