Masih Banyak Warga Belum Miliki e-KTP

TIMIKA, TimeX Masih banyak warga Mimika belum memiliki e-KTP Padahal memasuki musim Pilkada 2018, warga diwajibkan memiliki e-KTP atau surat keterangan sementara pengganti e-KTP.

John Wicklif Tegai

TIMIKA, TimeX

Masih banyak warga Mimika belum memiliki e-KTP Padahal memasuki musim Pilkada 2018, warga diwajibkan memiliki e-KTP atau surat keterangan sementara pengganti e-KTP.  “Memasuki musim pilkada ini mobilisasi masa sangat rawan jadi warga wajib memiliki e-KTP atau surat keteangan,” ungkap Kepala Dispencapil Kabupaten Mimika, John Wicklif Tegai saat ditemui Timika eXpress di Hotel Serayu,” baru-baru ini.

Menurutnya dalam UndangUndang  Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) sudah jelas diatur bahwa setiap pemilih harus mempunyai e-KTP.

“Minimal warga sudah punya surat keterangan sementara pengganti e-KTP karena Januari nanti sudah harus verifikasi DPT,” ujarnya.

Ia menyebutkan, sebagai upaya mendesak warga yang belum mempunyai e-KTP agar memiliki surat keterangan pengganti e-KTP, pihaknya sempat berencana membangun pos di Distrik MimikaBaru, Wania d an Kuala Kencana.

Anggaran untuk pembangunan pos tersebut diusulkan pada RAPBD Perubahaan namun tidak disetujui.

“Padahal pos-pos itu tujuannya lebih memudahkan warga mengurus surat keterangan sementara untuk ikut dalam Pilkada,” katanya.

Ia menambahkan, masih ada upaya lain yang akan dilakukan jika anggaran mencukupi yaitu  bekerja sama dengan pihak kepolisian melakukan razia e-KTP . “Saat razia jika ada warga kedapatan belum memiliki e-KTP kita langsung urus perekaman dan buat surat keterangan sementara. Tetapi karena  saat ini anggaran tidak cukup jadi kita tidak bisa berbuat banyak,” ujarnya. (tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.