Silviana Luu, Pebiliar Putri Nasional Perkuat Papua, Target Raih Dua Emas

TIDAK muluk-muluk jika atlet putri Papua dari Cabang Olahraga (Cabor) Billiar (bola sodok-Red) menargetkan dua medali emas pada PON XX Papua 2021 Oktober mendatang.
Silviana Luu, putri kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) kini memperkuat atlet biliar tuan rumah Papua.

Ia termasuk salah satu dari 18 atlet yang diunggulkan.

Target dua medali emas yang dibebankan kepada Silviana bukan tanpa alasan.

Pasalnya, saat PON IX Jawa Barat tahun 2016, Silviana yang saat itu memperkuat tim Kalimantan Barat menggondol dua keping emas yaitu dari nomor single dan double mix.
Silviana yang adalah atlet biliar nasional ini pernah mewakili Indonesia di kejuaraan billiar dunia putri 9 (nine) ball di Sanya Jinghai Hotel and Resort, China pada 2020 lalu.

“Dari pelatih, saya ditargetkan meraih dua medali emas. Target pribadi sih, maunya dapat emas semua. Saya akan turun pada empat nomor. Selain nomor single dan double mix, juga akan bertanding di nomor bola sembilan dan bola sepuluh single,” ujar Silviana saat ditemui di GOR Biliard Kabupaten Mimika, Jalan Poros SP2-SP5, Kelurahan Timika Jaya yang akan menjadi arena pertandingan biliar PON XX Papua.
Dalam perhelatan akbar PON XX, Papua menurunkan 18 atlet biliar, tiga diantaranya atlet putri termasuk Silviana.

Wanita kelahiran 29 September 1998 itu akan turun di empat nomor pertandingan, yakni di dua nomor double (nine ball dan ten ball) serta di dua nomor single (nine ball dan ten ball).

Dibekali pengalaman serta teknik dari kiprahnya menggeluti olahraga billiard sejak usia dini, saat itu Silviana masih duduk di bangku kelas empat SD.

“Saya belajar biliar sejak kecil, saat usia 10 tahun, diajarin sama paman,” ujar anak pertama dari empat bersaudara yang beberapa hari lagi akan genap berusia 23 tahun itu.
Buah ketekunannya, segudang pengalaman dan prestasi diraih, baik di tingkat nasional maupun internasional, Silviana diyakini bakal mempersembahkan medali emas dari Cabor biliar bagi Papua.

Beberapa prestasi yang pernah ditorehkan oleh Silviana Lu, diantaranya yaitu menjadi Runner Up Rama 10 Ball Open HC Jogja 2020, Runner Up 10 Ball Open HC Semarang 2020, Mendali Perunggu Seagames 9 Ball Woman Double 2019, 32 Besar 9 Ball Open Golden Break Malaysia 2017, 2 Mendali Emas PON Jabar 2016, 1 Mendali Perunggu PON Riau 2012, 1 Mendali Perak PON Riau 2012, Juara 1 KONI Kalbar 9 Ball Open 2015 dan Juara 3 KONI Kalbar 9 Ball Open 2014.

Pada PON XIX di Jawa Barat 2016 lalu, Silviana membela Kalimantan Barat, namun pada PON XX Papua 2021, dirinya memutuskan membela Papua.

Mengenai keputusannya membela kontingen Papua pada PON XX nanti, Silviana berujar bahwa hal itu karena terdorong panggilan hati.

Dalam karirnya di Cabor biliar, Silviana pun harus meninggalkan bangku kuliah dengan memilih lebih fokus menjadi atlet bola sodok.

Di nomor single, Silviana akan berhadapan dengan 21 atlet dari berbagai provinsi, dan menurutnya semua adalah lawan berat.

“Meski semua lawan berat, tapi kami sering bertemu meski mereka senior saya. Pastinya ekspektasi masing-masing pribadi termasuk saya targetnya emas,” ujarnya yakin.

Melalui pesan dari Lukas Enembe, Gubernur Papua saat melepas kontingen PON Papua, baginya merupakan spirit baginya agar tetap semangat dan fokus dalam bertanding.

Sebelum diterjunkan ke PON XX Papua, Silviana bersama rekan-rekannya mengikuti pemusatan latihan di Yogyakarta selama beberapa waktu.
“Pesan Gubernur Papua supaya saya dan teman atlet lainnya dapat meraih emas untuk Papua,” ungkap Silviana.

Untuk itu, dia meminta dukungan serta doa dari masyarakat Papua agar semuanya berjalan lancar dan sukses prestasi melalui torehan medali emas, tidak hanya di Cabor Biliar, tapi juga di Cabor lainnya.

“Kalau bisa di semua nomor dari 37 Cabor yang dipertandingkan dapat menyumbang emas untuk Papua,” harapnya. (yoseph zakarias)

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.