500 Anak Perempuan Mimika akan Dikhitan Massal

TIMIKA, TimeX Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika pada Bulan Mei mendatang akan menggelar prosesi khitanan massal terhadap 500 anak perempuan secara gratis. Khitanan massal tersebut direncanakan digelar di Masjid Ar-Rahman, Jalan Kartini, pada tanggal 21-22 Mei 2016.

Foto:Absir Budi Hamzah/Timika Express
Ketua MUI Mimika Ustad H. M Amin Ar, S.Ag dan Sekretaris Abd. Syakir, S.PdI serta Bendahara Umum Ismail Yusra S.Sos bersama Panitia Khitanan Massal saat rapat bersama di Sekretariat MUI Mimika, Gedung Serba Guna Masjid Babussalam, Selasa (22/3).

TIMIKA, TimeX

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika pada Bulan Mei mendatang akan menggelar prosesi khitanan massal  terhadap 500 anak perempuan secara gratis.

Khitanan massal  tersebut direncanakan digelar di Masjid Ar-Rahman, Jalan Kartini, pada tanggal 21-22 Mei 2016.

Demikian diungkapkan Ketua MUI Mimika, H.M Amin Ar S.Ag, kepada Timika eXpress usai Rapat Panitia Khitanan Massal di Sekretariat MUI Mimika Gedung Serba Guna Masjid Babussalam, Selasa (22/3).

“Kami akan adakaan khitanan massal khusus anak perempuan dari umur 1 tahun dan seterusnya, termasuk berikan pengetahuan kepada orang tua terkait mengkhitankan anak perempuannya,” terang Amin.

Pasalnya, seorang anak perempuan harus dikhitan karena sesuai Assunnah dan fatwa MUI No.94 Tahun 2009, yang mana mewajibkan anak perempuan untuk dikhitan.

Kelangsungan khitanan massal, dijelaskannya berkat kerja sama dengan RSI Nurul Hidayah Bantul Yogyakarta.

“MUI kerja sama dengan RSI Nurul Hidayah yang insyaallah akan menurunkan sembilan tenaga medis, keseluruhannya adalah perempuan dan mengerti tentang syar’i (agama) dan higienis (kebersihan dan kesehatan)”,jelasnya.

Selain itu, Sekretaris Umum MUI Mimika, Abd. Syakir S.PdI pada rapat tersebut, mengharapkan dukungan penuh panitia dan masyarakat agar mengsukseskan acara tersebut, karena akan diusulkan masuk dalam rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).

Menurut Syakir, khitanan massal dengan mengikutsertakan 500 anak perempuan, ini merupakan pertama di Indoensia jika terlaksanan.

“Kita sudah kirim surat ke MURI terkait kegiatan ini. Moga-moga saja dapat dukungan dan berjalan lancar,” harapnya.

Tak lupa, ia pun mengucapkan terima kaish kepada pihak sponsor, sekaligus mengimbau kepada orang tua yang hendak mendaftarkan anaknya dengan cara, Ketik Nama Anak#Umur#Orang Tua#No.HP dan dikirim ke 081354199919,” tukasnya. (abs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.